Beranda | Artikel
Pengagungan dan Pengkultusan Kubur
4 hari lalu

DAFTAR ISI

  1. Jika Kuburan Dijadikan Tuhan!
  2. Pengkultusan Kepada Kubur
  3. Pengagungan Kubur Dalam Pandangan Sufi
  4. Kuburan Di Musim Jelang Ramadhan

Hukum Meletakkan Bunga Di Atas Kubur

  1. Pohon Di Kuburan Meringankan Siksa
  2. Berapa Jumlah Batu Nisan di Kuburan?
  3. Hukum Memakai Sandal Di Area Pekuburan
  4. Tidak Mengurus Kuburan Keluarga, Adakah Akibat Buruknya?
  5. Menyiram Kuburan Dengan Air dan Meletakkan Kerikil Di Atasnya

Apakah ada kubur yang dijadikan tuhan? Mungkin ini salah pertanyaan yang muncul dari pembaca ketika membaca judul tulisan ini. Karena setiap orang tahu, bahwa yang berhak diibadahi hanyalah Allâh Azza wa Jalla , adapun ibadah kepada selain Allâh Azza wa Jalla merupakan dosa besar yang paling besar. Semoga pertanyaan ini segera sirna, setelah menela’ah apa yang akan kami sampaikan di bawah ini.

Sesungguhnya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam sudah mengisyaratkan tentang penyembahan terhadap kubur di dalam banyak hadits shahih. Diantara hadits itu adalah:

عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ اللَّهُمَّ لَا تَجْعَلْ قَبْرِي وَثَنًا يُعْبَدُ اشْتَدَّ غَضَبُ اللَّهِ عَلَى قَوْمٍ اتَّخَذُوا قُبُورَ أَنْبِيَائِهِمْ مَسَاجِدَ

Dari ‘Athâ’ bin Yasâr Radhiyallahu anhu, bahwa Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berdoa, “Wahai Allâh! Janganlah Engkau jadikan kuburku sebagai berhala (tuhan yang disembah). Allâh sangat murka terhadap orang-orang yang menjadikan kubur-kubur para Nabi mereka sebagai masjid-masjid”.  [HR. Mâlik dalam al-Muwaththa’, no. 376]

Hadits ini mursal (termasuk lemah), namun dikuatkan oleh hadits-hadits lain sehingga menjadi shahih. Oleh Karena itu, Syaikh al-Albâni rahimahullah menshahihkannya dalam kitab Tahdzîrus Sâjid, hlm. 18 dan 19.


Artikel asli: https://almanhaj.or.id/124057-pengagungan-dan-pengkultusan-kubur.html